SINERGISITAS SEKOLAH, MASYARAKAT DAN PEMERINTAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)

Main Authors: Juli Trianto, Kurniawan, Sumadi, Sumadi, Ambarita, Alben
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/2257
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/2257/1418
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/downloadSuppFile/2257/194
Daftar Isi:
  • The purpose of this research is to identify and describe: 1) PAKEM management, 2) Principal commitment, 3) Attitudes of teacher, 4) and Participation of stakeholders, all on the implementation of PAKEM in SMPN I Palas. This study used a qualitative approach with case study design. Data collect techniques with interview, documentation and observation. The result of the research is, 1) PAKEM management begin from planning of learning organization, learning implementation, and evaluating of learning, 2) The principal remain commitment to implementing PAKEM, feeling the benefits both student and teacher, 3) The attitudes of teachers is a very important factor for the success of learning. The teachers at will to improve the learning outcomes desired, 4) the participation of stake holders in the implementation of PAKEM in SMPN I Palas is inseparable from the support of the school in form of moral.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menggambarkan: 1) manajemen PAKEM, 2) komitmen Kepala Sekolah, 3) Sikap guru, 4) dan Partisipasi pemangku kepentingan, semua pada pelaksanaan PAKEM di SMPN I Palas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) manajemen PAKEM mulai dari perencanaan organisasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, 2) Kepala sekolah tetap komitmen untuk melaksanakan PAKEM, merasakan manfaat baik siswa dan guru, 3) sikap guru merupakan faktor yang sangat penting bagi keberhasilan pembelajaran. Para guru di akan untuk meningkatkan hasil pembelajaran yang diinginkan, 4) partisipasi stake holder dalam pelaksanaan PAKEM di SMPN I Palas tidak terlepas dari dukungan sekolah dalam bentuk moral.Kata kunci:Â manajemen berbasis sekolah, pakem, partisipasi stakeholders