Hubungan Metode Scaffolding dengan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus SD Negeri Penyelenggara Pendidikan Inklusif

Main Authors: Jayanti, Resi Dwi, Sowiyah, Sowiyah, Siswantoro, Siswantoro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Magister Administrasi Pendidikan , 2020
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/21052
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/21052/14589
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/downloadSuppFile/21052/3926
Daftar Isi:
  • Abstrak: Hubungan Metode Scaffolding dengan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara metode scaffolding dengan kemandirian ABK di SD Negeri penyelenggara pendidikan inklusif se-Kota Metro. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 50 GPK. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel, sehingga peneliti melakukan uji instrumen di luar populasi Alat pengumpul data yaitu observasi, kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode scaffolding dengan kemandirian ABK di SD Negeri penyelenggara pendidikan inklusif se-Kota Metro dengan ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,263 berada pada taraf rendah.Kata kunci: metode scaffolding, kemandirian ABK, pendidikan inklusif DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jmmp.v8.i2.202005