Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah , Budaya Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kompetensi Kepribadian Guru

Main Authors: Rini, Rini, Sowiyah, Sowiyah, Kandar, Supomo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan , 2018
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/14824
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/14824/10797
Daftar Isi:
  • This study aims to describe and analyze the influence of leadership of school principals, school culture and school climate towards the competence of teachers personality of SMPN Baradatu District Way Kanan. This research uses quantitative descriptive approach. The population as the sample used is all teachers of SMPN which amounted to 54 teachers. The analysis used is descriptive and inferential statistic analysis by using multiple linear regression model. The result of the research conclude the leadership of principal have an effect on the improvement of personality competence equal to 15,3% while the rest equal to 84,7% influenced by other factor not examined in this research.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kompetensi Kepribadian guru SMP Negeri se Kecamatan Baradatu Way Kanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi sebagai sampel yang digunakan adalah seluruh guru SMP Negeri yang berada di Kabupaten Way Kanan yang berjumlah 54 guru. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan mengunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh dalam peningkatan kompetensi kepribadian sebesar 15,3 % sedangkan sisanya sebesar 84,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, iklim sekolah dan kompetensi kepribadian