Kompetensi Manajerial Kepala Perpustakaan SMA Negeri 12 Bandar Lampung
Main Authors: | Nur, Ivana, Sowiyah, Sowiyah, Hariri, Hasan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Magister Manajemen Pendidikan
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/14573 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/14573/10615 |
Daftar Isi:
- This research aims to analyze and describe: the competency of leadership, planning, implementing, monitoring and evaluating the library program of head of library of SMA Negeri 12 Bandar Lampung. The research method is a descriptive qualitative case study approach. The techniques of collecting data used were interviews, observation, and documentation. Data analysis was guided by an interactive model of data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results showed head of library of SMA Negeri 12 Bandar Lampung attained his managerial competency as he accomplished the managerial sub-competency; (1) leadership competency, (2) the competency of planning library program, (3) the competency of implementing library program, (4) the competency of monitoring library program, and (5) the competency to evaluate library program.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: kompetensi kepemimpinan, kompetensi perencanaan, kompetensi pelaksanaan, kompetensi pengawasan dan kompetensi evaluasi program kepala perpustakaan SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data berpedoman pada model analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa kompetensi manajerial kepala perpustakaan SMA Negeri 12 Bandar Lampung telah dijalankan dengan terpenuhinya sub kompetensi manajerial yaitu: (1) kompetensi kepemimpinan, (2) kompetensi perencanaan program perpustakaan, (3) kompetensi pelaksanaan program perpustakaan, (4) kompetensi pengawasan program perpustakaan, dan (5) kompetensi evaluasi program perpustakaan.Kata kunci: manajerial, manajemen, perpustakaan sekolah.