ANALISIS KEUNTUNGAN DAN STRATEGI PEMASARAN BLANTIK SAPI PADA ERA DIGITAL DI KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Main Author: WIDI, IRAWAN
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.uniba.ac.id/288/1/SKRIPSI%20WIDI%20%281%29.docx
http://repository.uniba.ac.id/288/
Daftar Isi:
  • WIDI IRAWAN 2017080002 JUDUL ANALISIS KEUNTUNGAN DAN STRATEGI PEMASARAN BLANTIK SAPI PADA ERA DIGITAL DI KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Skripsi Fakultas Pertanian, Unversitas Islama Batik Surakarta, 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keuntungan dan strategi pemasaran Blantik Sapi di Kecamatan Seputih Raman. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel 27 orang yang dipilih secara acak. Hasil kuisioner kemudian dianalisis untuk mengetahui jumlah keuntungan, efisiensi pemasaran dan rasio keuntungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pemasaran yang digunakan oleh Blantik Sapi dapat dibedakan menjadi dua jalur. Perbedaan dari kedua jalur tersebut adalah penggunaan jasa Cakil sebagai tambahan pelaku bisnis. Efisiensi Jalur I dan II sama-sama baik, hal tersebut dibuktikan dengan nilai efisiensi sebesar 0,0188 dan 0,0111 yang berarti < 1. Rasio Keuntungan Jalur I dan II sama-sama efisien, hal tersebut dibuktikan dengan nilai rasio sebesar 8,533 dan 8,924 yang berarti >1. Dari hasil wawancara dengan pelaku Blantik Sapi didapatkan kesimpulan strategi yang biasa digunakan antara lain yaitu memanfaatkan jasa Cakil, memanfaatkan Sosial Media, memanfatkan situasi tertentu dan menggunakan teknik negosiasi