KEMANDIRIAN SISWA, FASILITAS PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR DAN BUDAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 SRAGEN
Main Author: | Sukarni, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book spreadsheet Article |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uniba.ac.id/273/1/1.%20Cover%20TESIS%20sukarni%20%284%29%282%29.docx http://repository.uniba.ac.id/273/2/2.%20TESIS%20Sukarni%20new%20%285%29%20%281%29.doc http://repository.uniba.ac.id/273/3/3.%20Daftar%20Pustaka%286%29.doc http://repository.uniba.ac.id/273/4/4.%20KUISIONER%20sukarni%281%29.doc http://repository.uniba.ac.id/273/5/DATA%20TABULASI%20SUKARNI.xlsx http://repository.uniba.ac.id/273/ |
Daftar Isi:
- SUKARNI, 2020P20046: KEMANDIRIAN SISWA, FASILITAS PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR DAN BUDAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 SRAGEN. Tesis, Surakarta :Program Studi Manajemen (S2/M.Si) Program Pasca Sarjana Universitas Islam Batik, 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menguji dan menganalisis peran kemandirian siswa, fasilitas pembelajaran, motivasi belajar dan budaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMK Negeri 1 sragen. Teknik analisis menggunakan analisi regresi linier berganda, uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, uji F, uji t, dan uji Koefisien Determinasi. Populasi dalam penelitian ini 180 siswa, dengan teknik Purposive sampling dan masing – masing kelas diambil 15 responden (5 kelas) sehingga sampel sebanyak 75 responden. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama kemandirian siswa, fasilitas pembelajaran, motivasi belajar dan budaya belajar terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas pembelajaran terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya belajar terhadap prestasi belajar. Hasil analisis menunjukkan prestasi belajar kelas XII SMK Negeri 1 Sragen dapat dijelaskan oleh kemandirian siswa, fasilitas pembelajaran, motivasi belajar dan budaya belajar sebesar 70% dan sisanya sebesar 30% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ikut di observasi dalam penelitian ini. Misalnya, kreativitas belajar, pendidikan orang tua dan gaya belajar siswa.