PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN, FASILITAS BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA SISWA SMK NEGERI 1 SRAGEN
Main Author: | RINI, TRININGSIH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Article |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uniba.ac.id/265/1/TESIS%20RINI%2030B.docx http://repository.uniba.ac.id/265/ |
Daftar Isi:
- RINI TRININGSIH, NMP 2020P20042, Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemandirian, Fasilitas Belajar, Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Siswa SMK Negeri 1 Sragen. Program Pascasarjana Magister Ilmu Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui pengaruh kemandirian belajar, fasilitas belajar, perhatian orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Sragen. Penelitian ini berjenis causal research dengan pendekatan regresional, jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian regresi. Populasi penelitian seluruh siswa kelas 12 SMK Negeri 1 Sragen terdiri dari 14 rombel sebanyak 504 siswa. Sampel penelitian masing-masing rombel diambil 10 siswa yang memiliki peringkat akademis sepuluh besar harapannya agar mempunyai hasil yang lebih baik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda berbantuan program SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar, fasilitas belajar berpengaruh prestasi belajar, perhatian orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil uji F diketahui bahwa nilai Fhitung adalah sebesar 34,173, dikarenakan Fhitung> Ftabel(34,173> 2,670) dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan Ha diterima, artinya ada pengaruh antara kemandirian belajar ,fasilitas belajar, perhatian orang tua dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Nilai adjusted R square sebesar 0.488. Berarti variabel kemandirian belajar, fasilitas belajar, perhatian orang tua dan lingkungan teman sebaya memberikan sumbangan terhadap prestasi belajar sebesar 48,8% sedangkan sisanya sebesar 51,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.