KEPUASAN NASABAH DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN DAN HUBUNGAN PEMASARAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BINA INSAN MANDIRI (BIM) KARANGANYAR

Main Author: Intan, Apriyani
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://repository.uniba.ac.id/19/1/Intann_ARTIKEL.pdf
http://repository.uniba.ac.id/19/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan relationship marketing terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deksriptif. Penelitian ini ditujukan pada para nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar. Waktu penelitian Mei�Agustus 2021. Sampel 100 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan Software SPSS versi 21. Penelitian ini menghasilkan bahwa kualitas pelayanan dan relationship marketing berpengaruh simultan dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar dengan nilai Fhitung sebesar 46,950 dan Ftabel sebesar 3,939, sedangkan hasil uji t menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar dengan nilai thitung sebesar 4,581 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar. Dengan nilai thitung sebesar 3,883 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Hasil Uji Koefisien Determinasi menunjukan bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel kualitas pelayanan dan relationship marketing sebesar 50,6% terhadap variabel kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar.