ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA KEPERCAYAAN ANGGOTA CREDIT UNION NYAI ANTA DI KABUPATEN SEKADAU

Main Author: B11212165, Y INDRA PRA PURNAMA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen dan Bisnis , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/9805
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/9805/9587
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/9805/9588
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) gambaran kualitas pelayanan, kepuasan dan kepercayaan anggota, (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap kepercayaan anggota CU Nyai Anta. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota pada CU Nyai Anta dengan jumlah populasi 8.014 orang dan sample 100 responden. Metode sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan kuesioner dan wewancara yang dibagikan kepada seluruh anggota. Isi dari kuesioner tersebut terbagi menjadi tiga variabel yaitu variabel kualitas pelayanan, kepuasan dan kepercayaan anggota. Teknik analisis data yang digunakan adalah model regresi dengan path Analisys. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berbentuk angket model skala Likert yang sering digunakan untuk suatu pertanyaan dan responden diminta untuk menunjukkan tingkat kesepakatan mereka dalam mengisi kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi variabel kualitas pelayanan, kepuasan dan kepercayaan anggota pada CU Nyai Anta memperlihatkan hasil secara umum masuk dalam kriteria baik. Hasil pengujian model regresi menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan terhadap kepercayaan anggota CU Nyai Anta signifikan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Trust Anggota CU Nyai Anta