PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS ANGGOTA CU. KELING KUMANG TEMPAT PELAYANAN RUMAH SEPAN NANGA PINOH MELAWI

Main Author: B11212128, ADAM PATIMORA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen dan Bisnis , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/9704
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/9704/9476
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/9704/9477
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh nilai pelanggan (customer value) terhadap kepuasan pelanggan (satisfaction), dan dampaknya pada loyalitas anggota serta pengaruh nilai pelanggan (customer value) pada loyalitas anggota CU Keling Kumang Tempat Pelayanan Rumah Sepan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kausal menggunakan regresi linier sederhana. Populasi sebanyak 11.976 orang, dimana jumlah sampel pada penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 orang responden. Kriteria penentuan populasi adalah anggota CU Keling Kumang yang sudah menjadi anggota minimal 5 tahun, hal ini dimaksudkan agar responden terpilih telah memiliki pengalaman historis dan dapat menilai terkait dengan nilai pelanggan (customer value), kepuasan pelanggan (satisfaction) dan loyalitas. Nilai pelanggan (customer value) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (satisfaction), responden selaku anggota CU. Keling Kumang. Kepuasan pelanggan (satisfaction) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas responden selaku anggota CU. Keling Kumang. Nilai pelanggan (customer value) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas responden selaku anggota CU. Keling Kumang. Hasil analisis menunjukkan besarnya nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,411 maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh dari variabel nilai pelanggan customer value terhadap naik turunnya nilai atau variasi variabel satisfaction adalah sebesar 41,10% sedangkan sebesar 58,90% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan besarnya nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,197 maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh dari variabel satisfaction terhadap naik turunnya nilai atau variasi variabel loyalitas adalah sebesar 19,70% sedangkan sebesar 80,30% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan besarnya nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,294 maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh dari variabel customer value terhadap naik turunnya nilai atau variasi variabel loyalitas adalah sebesar 29,40% sedangkan sebesar 70,60% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel dalam penelitian ini. Kata Kunci : customer value, satisfaction, loyalitas