ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE , ROA ( RETURN ON ASSET ), DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: B11211094, IRFAN MIRADI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen dan Bisnis , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/6635
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/6635/6876
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/6635/6878
Daftar Isi:
  • Kebutuhan modal suatu perusahaan akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan perusahaan, hal ini mengharuskan pihak manajemen untuk memperoleh tambahan dana baru. Jika manajemen memutuskan untuk menambah jumlah kepemilikan saham maka dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain menjual kepada pemegang saham yang sudah ada Fenomena underpricing yang banyak terjadi pada penawaran saham perdana dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa penelitian telah dilakukan dan menunjukkan hasil yang beragam. Faktor-faktor yang diduga kuat dapat mempengaruhi tingkat underpricing antara lain ukuran perusahaan, financial leverage dan Return on Assets (ROA).Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh financial leverage , ROA ( Return On Asset ) dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia Dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan asosiatif, karena ada variabel-variabel yang akan ditelaah hubungannya serta tujuannya untuk menyajikannya gambaran secara terstuktur, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antar variable yang diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah Bagi investor yang akan berinvestasi dalam perusahaan yang telah melakukan IPO disarankan untuk memperhatikan ukuran perusahaan, financial leverage, dan profitabilitas perusahaan (ROA). Karena hal tersebut telah terbukti berpengaruh signifikan terhadap initial return (tingkat underpricing). Kata kunci : Financial Leverage , ROA ( Return On Asset ) Dan Ukuran Perusahaan , Tingkat Underpricing