ANALISIS MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DENGAN MODEL SERVICE QUALITY

Main Authors: Deviana, Deviana, Suyoto, Suyoto, Mahjudin, Mahjudin, Permana, Fery Adhy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Gresik , 2021
Online Access: http://journal.umg.ac.id/index.php/jre/article/view/2281
http://journal.umg.ac.id/index.php/jre/article/view/2281/1416
Daftar Isi:
  • Kualitas layanan pendidikan perlu diperhatikan guna mengetahui seberapa besar kepuasan mahasiswa sebagai pengguna layanan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis mutu layanan Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik dengan menggunakan metode Service Quality (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksploratif dimana yang menjadi populasi dan sampel yakni 55 mahasiswa aktif  Program Studi Magister Manajemen dari angkatan 2016 hingga 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah Service Quality dengan menentukan nilai gap antara persepsi dan kinerja, membuat rangking dari nilai gap tertinggi hingga terendah, dan diagram kartesius. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari 5 dimensi service quality, terdapat 2 dimensi memiliki gap tertinggi yakni tangible dan responsiveness dikarenakan ketidaksesuaian mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik dalam mendapatkan pelayanan yang layak.