Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Web Appgeyser Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Peningkatan Kemampuan Literasi Sains

Main Authors: Setiyanti, Dian, Pratiwi, Umi, Ashari, Ashari
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2021
Subjects:
Online Access: http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/1127
http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/1127/1049
Daftar Isi:
  • Rendahnya literasi sains peserta didik di pengaruhi oleh bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika menggunakan Web Appgeyser berbasis Sparkol Videoscribe yang dilihat dari validitas media, kepraktisan media, dan keefektifan media. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian 4D yaitu Define (Pendefinnisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik XI MIPA 5 SMA N 1 Purworejo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kelayakan media pembelajaran Web Appgeyser berbasis Sparkol Videoscribe yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran fisika serta dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.