Pokemon Go (Kajian Ruang Kota yang Terinvasi Gim Berbasis AR)
Main Author: | Andi Surya Kurnia |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Karya Ilmiah Dosen Arsitektur
, 2016
|
Online Access: |
http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidta/article/view/2931 |
Daftar Isi:
- Fenomena Pokemon Go masih hangat diperbincangkan belakangan ini. Apa dan mengapa Pokemon Go ini memiliki daya pikat yang sedemikian akan diulas dalam tulisan ini, terkait dengan kemajuan teknologi digital yang disematkan pada aplikasi gim online berbasis augmented reality (AR). Tulisan merupakan upaya menelaah kembali tulisan sebelumnya yang dipaparkan pada seminar ICET 2013, sebagai proses pembelajaran berkelanjutan atas topik gamer dan ruang kota masa depan. Metode penulisan mengoptimalkan data yang merujuk pada argumen publik melalui media massa dan dikaji secara proporsional berdasarkan analisis teoritis dan pemahaman atas transformasi ruang real-virtual yang sedang berlangsung. Hasil pembahasan pada akhirnya disimpulkan sebagai bagian yang mengkritisi pembahasan pada tulisan sebelumnya, sekaligus menunjukkan adanya keterhubungan antara gamer dan ruang kota saat ini dan bersiap akan kejutan di masa depan.