Strategi Komunikasi Kampanye Kesehatan Marisza Cardoba Foundation (MCF) pada Program Nasional Senyum Indonesiaku

Main Authors: Candrasari, Satya; Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, Kurniasari, Nani; Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi , 2021
Online Access: https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA/article/view/1173
https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA/article/view/1173/601
Daftar Isi:
  • Mariza Cardoba Foundation (MCF) merupakan salah satu yayasan yang peduli akan penyakit autoimune, dan memiliki misi untuk mengkomunikasikan tentang bahaya penyakit autoimune kepada masyarakat pada umumnya dan para penyintas pada khususnya melalui komunikasi kampanye kesehatan pada Program Nasional Senyum Indonesiaku. MCF melakukan beberapa strategi komunikasi dalam kampanye kesehatan guna tercapai tujuannya tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi kampanye kesehatan MCF pada Program Nasional Senyum Indonesiaku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi kampanye yang digunakan MCF adalah sinergi berbagai elemen masyarakat; mengangkat isu autoimunitas sebagai isu penetrasi ke masyarakat; mendirikan portal informasi untuk autoimun dan lima dasar hidup sehat; mendorong penerapan Lima Dasar Hidup Sehat; dan Pemberdayaan penyandang autoimun. Kegiatan bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dilakukan MCF dalam rangka sosialisasi dan mengedukasi masyarakat mengenai penyakit autoimun. Kegiatan kampanye kesehatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat dan mereka menjadi lebih peduli akan pentingnya kesehatan.