Kajian Eksperimental Tentang Pengaruh Penggunaan Variasi Dua Jenis Cdi (Standar Dan Brt) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125 Cc Tahun 2011

Main Author: Evan Maulana, Teuku Zulfadli, Nazaruddin.
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Teknik Universitas Iskandar Muda , 2020
Online Access: https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/jitu/article/view/163
https://ejournal.unida-aceh.ac.id/index.php/jitu/article/view/163/185
Daftar Isi:
  • Pembakaran dalam motor bakar adalah hal yang sangat menentukan besarnya tenaga yang dihasilkan motor tersebut. Salah satu factor yang mempengaruhi pembakaran agar terjadi pembakaran sempurna adalah sistim pengapian yang baik. Sistim pengapian pada sepeda motor Honda Supra X 125 CC tahun 2011 menggunakan pengapian DC – CDI. Komponen – komponen sistim pengapian antara lain baterai, pembangkit pulsa pengapian, unit CDI, coil pengapian dan busi. Penelitian ini yang diambil berupa data tegangan output CDI yang dihasilkan, dan bahan bakar yang dihabiskan selama waktu yang telah ditentukan dalam penelitian yaitu selama 5 menit. Pengukuran putaran mesin yang digunakan dalam penelitian adalah (1000, 1500, 2000, 2500, 3000 dan 3500) Rpm. Perbedaaan tegangan output CDI pada sepeda motor Honda Supra X 125 CC Tahun 2011  antara yang menggunakan CDI standar dengan CDI BRT Tipe Hyperband pada putaran mesin (1000, 1500, 2000, 2500, 3000 dan 3500) Rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsumsi bahan bakar yang menggunakan CDI standar dan CDI BRT Tipe Hyperband lebih hemat CDI BRT Tipe Hyperband sebesar 4.9 ml. Perbedaan tegangan output CDI standar dan CDI BRT Tipe Hyperband lebih besar CDI BRT Type Hyperband sebesar 2,4 volt.