Daftar Isi:
  • Baterai merupakan alat penyimpan energi yang sedang mengalami banyak perkembangan. Dari berbagai jenis baterai yang telah dikembangkan, salah satunya adalah baterai lithium ion. Baterai lithium ion termasuk jenis baterai sekunder (rechargeable battery) yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan baterai sekunder yang lain. Salah satunya adalah tidak adanya efek memori, sehingga menyebabkan proses charge maupun discharge menjadi lebih praktis. Software Simulink Matlab akan digunakan sebagai simulator pemodelan baterai. Hasil penelitian ini disajikan dalam grafik karakteristik arus pengosongan berdasarkan kapasitas baterai dan waktu operasinya, serta grafik tegangan dari keluaran simulasi rangkaian, grafik SOC (State Of Charge), grafik kecepatan beban motor dan grafik arus angker. Selain itu akan ada pengujian yang berkaitan dengan variasi arus dan tegangan baterai serta pengaruh suhu dalam maupun suhu luar baterai pada hal tersebut. Hasil penelitian disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai tegangan yang diberikan, maka siklus discharge terjadi penurunan nilai dari 17% menjadi 15%. Semakin tinggi arus maka rentang waktu siklus charge yang terjadi akan semakin cepat dengan rata-rata nilai 18%. Semakin tinggi suhu Td maka grafik kurva kecepatan beban motor pada siklus pertama akan cenderung meningkat dengan rata-rata nilai 83%. Semakin tinggi suhu Ta maka grafik kurva arus angker pada siklus pertama akan meningkat dengan rata-rata nilai 71%. Kata Kunci: Lithium ion, Charge, Discharge, Grafik SOC, Arus, Tegangan, SuhuBattery is an energy storage device that is undergoing a lot of development.Of the various types of batteries that have been developed, one of which is a lithium ion battery. Lithium ion batteries include a type of secondary battery (rechargeable battery) which has many advantages compared to other secondary batteries. One of them is Lithium Ion battery that does not have a memory effect, thus the charging and discharging process will be easier. Simulink Matlab software is used for modeling and characterization of Lithium Ion LiFePO4 battery. The results of this research are presented in a graph of discharge current characteristics based on the battery’s capacity and its operating time, and a voltage graph of the circuit simulation’s output, a SOC (State Of Charge) graph, a motor load’s velocity graph and an armature current graph. In addition, a test related to the variations of battery’s current and voltage as well as the influence of the temperature inside and outside the battery are conducted. The result of this research shows that the higher the applied voltage value, there is a decrease in value from 17% to 15% in the discharge cycle. The higher the current, the duration of charge cycles are getting faster with an average value of 18%, respectively. The higher Td temperature then the graph of the motor load velocity curve in the first cycle tends to increase with an average of 83%. The higher Ta temperature then the graph of the armature current curve in the first cycle tends to increas with an average value of 71%. Keywords: Lithium Ion, Charge, Discharge, SOC graph, Current, Voltage, Temperatur