PENGGUNAAN TEKNIK MODEL REFERENCE ADAPTIVE CONTROL PADA TUNING PENGONTROL PI PADA SISTEM KONTROL KECEPATAN SEPEDA
Main Authors: | Ibrahim, Mochammad Hesa; Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Yudaningtyas, Erni; Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Rahmadwati, n/a; Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya |
---|---|
Format: | application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Mahasiswa TEUB
, 2016
|
Online Access: |
http://elektro.studentjournal.ub.ac.id/index.php/teub/article/view/673 |
Daftar Isi:
- Saat ini, penelitian dan pengembangan sepeda listrik (electric vehicle) sudah menjadi pusat perhatian bagi kalangan industri. Sudah banyak kendaraan listrik yang diproduksi secara masal di dunia. Beberapa dari kendaraan listrik tersebut menggunakan motor Brushless Direct Curent (BLDC) sebagai penggerak utamanya. Motor BLDC memiliki efisiensi yang tinggi dan respon yang cepat, namun masih memiliki error steady state (offset). Oleh karena itu dibutuhkan suatu kontroler yang tepat dan sesuai agar tidak memiliki error steady state. Kontrol kecepatan dengan menggunakan Kontrol PI dapat menghilangkan error steady state pada respon motor, namun berdampak pula pada kecepatan respon yang lambat dalam mencapai steady state. Diantara teknik perancangan sistem kontrol adalah dengan menggunakan teknik perancangan kontrol adaptif, yaitu Model Reference Adaptive Control (MRAC) yang memiliki ide dasar untuk membuat respon sistem yang dikontrol agar dapat menyerupai perilaku yang sama dengan model referensi. MRAC yang disertai dengan parameter kontrol digunakan untuk pengontrolan kecepatan respon motor BLDC berdasarkan model plant. Respon plant setelah diberi kontroler dapat meminimalkan error steady state.Kata Kunci—motor BLDC, kontrol kecepatan, kontroler PI, MRAC.