STUDI KOMPARASI DESAIN TUNING KONTROLER PID DENGAN MENGGUNAKAN ZIEGLER-NICHOLS DAN CHIEN-HRONES-RESWICK PADA SISTEM PENGENDALIAN SUHU 73412

Main Authors: Setiawan, Andi Ribut, Rusli, Mochammad, Rahmadwati, n/a
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Mahasiswa TEUB , 2020
Online Access: http://elektro.studentjournal.ub.ac.id/index.php/teub/article/view/1404
http://elektro.studentjournal.ub.ac.id/index.php/teub/article/view/1404/1267
Daftar Isi:
  • Suhu merupakan salah satu parameter penting yang dikendalikan dalam industry karena secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. Masalah yang sering dihadapi dalam pengendalian suhu adalah suhu yang terlalu tinggi membuat sensor tidak dapat diletakkan menempel pada sumber panas. Karena sensor suhu diletakkan sedikit berjarak dari sumber panas yang menyebabkan terjadinya transport delay. Transport delay ini yang menyebabkan pengendalian suhu menjadi sulit dan lambat untuk mencapai kondisi steady state. Metode kendali yang uji coba adalah kontroler Proporsional Intergral Diferensial (PID). Sistem diuji dengan melakukan karakterisasi plant Temperature Controlled System 73412 untuk mendapatkan fungsi alih. Hasil percobaan menggunakan kontroler Proporsional Intergral Diferensial (PID) akan ditentukan dengan tuning Ziegler-Nichols (ZN) menghasilkan kinerja sistem kendali yang memiliki overshoot cukup kecil serta tidak memiliki error steady state dan sistem kendali Chien-Hrones-Reswick (CHR) Â menunjukkan hasil yang memiliki overshoot dan error steady state yang cukup besar . Kata Kunci: Plant Temperature 73412, Kontroler PID, Transport delay, tuning Ziegler-Nichols,Chien-Hrones-Reswick. ABSTRACT Temperature is one of the important parameters that is controlled in the industry because it can directly or indirectly affect the quality of the product produced. The problem that is often faced in controlling temperature is that the temperature is too high so that the sensor cannot be placed attached to a heat source. Because the temperature sensor is placed a little distance which causes transport delay. This transport delay causes temperature control to be difficult and slow to reach steady state conditions. The control method that was tested was tested was the Differential Intergral Proportional Controller (PID). The system was tested by characterizing the Plant Temperature Controlled System 73412 to obtain the transfer function. The results of the experiment using the the Differential Intergral Proportional Controller (PID) will be determined by tuning Ziegler-Nichols (ZN) to produce a control system performance that has a small overshoot and has no steady state error and the Chien-Hrones-Reswick (CHR) approval system show results that have substantial overshoot and steady state conditions. Keywords: Temperature 73412, Controller PID , Transport delay, tuning Ziegler-Nichols, Chien-Hrones-Reswick.