PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK – PAIRS – SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PENYIMPANGAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GAMPENGREJO KEDIRI
Main Authors: | NURCAHYANTI, ELLY, KETUT PEGG ARTHANA, I |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8473 |
Daftar Isi:
- Proses belajar mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan implementasi kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat membantu siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam proses pembelajaran Strategi pembelajaran sangat penting digunakan. Strategi pembelajaran adalah upaya merenovasi untuk membuat suatu inovasi dalam proses pembelajaran menjadi terarah dan lebih baik. Strategi pembelajaran meliputi pendekatan, model, metode, dan teknik secara spesifik. Macam-macam tipe pembelajaran kooperatif sangat beragam yaitu STAD, JIGSAW, Investigasi kelompok (Teams Games Tournaments atau TGT), dan pendekatan Struktural yang meliputi Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NTH). Model pebelajaran yang dimanfaatkan dalam pembelajaran pada penelitian ini adalah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS). Think Pairs Share (TPS) merupakan pembelajaran dengan langkah angkah tersebut yaitu Think (berfikir secara individual) Pair (berpasangan dengan teman sebangku) dan Share (berbagi jawaban dengan kelompok lain atau teman sekelas) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan penyimpangan sosial. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitaf. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi partisipan dan tes. Teknik observasi partisipan digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas, sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang kemampuan siswa dalam melalui soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data yang diketahui pada observasi guru diperoleh rtabel ­0,320 < rhitung 0,578. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data observasi siswa Dalam signifikasi 95% diperoleh rtabel ­0,320 < rhitung 0,667. Dari angka tersebut rhitung lebih besar dari rtabel. Maka data yang dianalisis menunjukkan adanya sebuah kesepakatan pendapat antara observer I dengan observer II. Sedangkan dari hasil tes belajar siswa dapat dibuktikan dengan Fhitung pada nilai pretest lebih besar dari Ftabel yaitu dengan angka > 3,09. Dengan demikian Ha (Hipotesis alternatif) dapat diterima. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan memanfaatkan model pembelajaran kooperatif tipe Think pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan penyimpangan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gampengrejo. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar. ABSTRACT : The process of learning or teaching process is an activity curriculum implementation of an educational institution in order to help students achieve the stated goals . In the learning process is very important learning strategy use . The learning strategy is an attempt to renovate to make an innovation in the learning process becomes more focused and better . Approach includes learning strategies , models , methods , and techniques specifically . Various types of cooperative learning is very diverse STAD , JIGSAW , Investigation Group ( Teams Games Tournaments or TGT ) , and a structural approach that includes the Think Pair Share ( TPS ) , and Numbered Head Together ( NTH ). A type of learning which used in this study is learning which using cooperative learning through Think Pair Share ( TPS ) method Think Pairs Share ( TPS ) is a type of learning with these steps: Think ( think individually ) Pair ( paired with friends bench ) and Share ( sharing answers with another group or classmates). This study aimed to depict whether the use of cooperative learning model Think Pair Share ( TPS ) can improve student learning outcomes in social studies, the subject of social deviation . This research method is descriptive qualitative and quantitative. The Data analysis were collected using participant observation techniques and tests . Participant observation techniques used to obtain qualitative data about the activities of teachers and students in the classroom , while the test techniques used to obtain quantitative data on the ability of students in a matter through the pretest and posttest . Based on analysis of known data on teacher observations obtained rtable 0.320 < 0.578 rcount . While based on the analysis of student observation data obtained in 95% significance rtable 0,320 < rcount 0,667 . Of that number is greater than rtabel rhitung . Then analyzed the data showed a consensus of opinion among the first observer to observer II . While the results of tests of student learning can be proven with Fcount on the pretest value is greater than the number Ftable 3.259 > 3.09 . Thus Ha ( alternative hypothesis ) is acceptable . Conclusion The study showed that treatment with cooperative learning model utilizing the Think Pair Share ( TPS ) can improve learning outcomes social studies subject of social deviation eighth grade students of SMP Negeri 1 Gampengrejo . Keywords : cooperative learning with a Think Pair Share ( TPS ) type , Learning Outcomes