PENGEMBANGAN MODUL CETAK UNSUR-UNSUR TATA ARTISTIK MATA PELAJARAN PRODUKTIF PADA SISWA SMK KELAS XI TEKNIK PRODUKSI DAN PENYIARAN PROGRAM PERTELEVISIAN DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

Main Authors: SELVIANA, SISKA, SYAIFUL BACHRI, BACHTIAR
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan , 2014
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8404
Daftar Isi:
  • Pembelajaran di SMKN 1 Surabaya kompetensi keahlian teknik produksi dan penyiaran program pertelevisian yang hanya beracuan pada guru, guru tidak menggunakan variasi media pembelajaran dikarenakan kurangnya ketersediaan bahan belajar dari sekolah maupun dari guru sehingga membuat pembelajaran menjadi tidak maksimal. Berdasarkan Standart Kompetensi yang akan dicapai  yakni berupa pemahaman materi, maka siswa membutuhkan waktu untuk banyak membaca secara berulang. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Research & Development (R&D) Berdasarkan data hasil validasi media yang dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa Ahli materi 100%, Ahli Media 91.186%, Uji coba perorangan 91.65%, Uji coba kelompok kecil  95.6%, Uji coba kelompok Besar 98.76% Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media modul dinyatakan layak dan dapat membantu proses belajar mengajar oleh guru.   Kata Kunci: isi, format, artikel.      Abstract Study in SMK N 1 Surabaya competence engineering production and broadcasting of television programmes, programme only on teachers, the teacher does not use a variety of instructional media due to the lack of availability of learning materials from school or from the teacher so as to make learning be not maximum. Based on Standards of competence to be achieved in the form of understanding the material, it takes time for many students read repeatedly. The development of this medium use model Development Research & amp; Development (R & amp; D) based on the results of the validation data media is collected it can be concluded that the Experts the material 100%, 91.186%, Media experts test individual 91.65%, small group trials 95.6%, testing a large group of 98.76% it can be concluded that the development of the media module is declared feasible and can help the process of teaching and learning by teachers.