PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG CERITA RAKYAT JOKO SAMUDRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT KELAS V DI SDN LIDAH WETAN 2 SURABAYA
Main Authors: | DEWI MULIA MEGASURYA, SISKA, WIDODO, SUTRISNO |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8395 |
Daftar Isi:
- Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah mendidik anak agar menjadi manusia yang sempurna hidupnya, yaitu kehidupan dan penghidupan manusia yang selaras dengan alamnya (kodratnya) dan masyarakat. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang maksimal guru wajib menggunakan media dalam proses penyampaian materi terlebih lagi dalam materi cerita, karena salah satu tujuan media yaitu untuk memvisualisasikan isi cerita. Penelitian ini memanfaatkan media audio visual cerita joko samudra pada pelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar mengidentifikasi unsur cerita rakyat. Media audio visual adalah jenis media yang selain menunggunakan unsur suara juga mengandung unsur gambar yang bisa dilihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran yang memanfaatkan dan yang tidak memanfaatkan media audio visual dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pemanfaatan media audio visual cerita “Joko Samudra” terhadap hasil belajar kelas V di SDN Lidah Wetan 2 Surabaya pada mata pelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang ditayangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian modifikasi True Eksperimental Control group pretest – post test, yaitu dengan subyek penelitian 2 kelas eksperimen (41 dan 40 siswa) dan1 kelas kontrol (40 siswa). Perlakuan kelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual dan kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dan teks cerita. Teknik analisis data menggunakan analisis anava 1 jalur terhadap perbedaan hasil belajar antara ketiga kelas tersebut setelah diberi perlakuan. Hasil analisis data dan pengujian menunjukkan bahwa hasil pretest-pretest tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil anava 1 jalur nilai pretest-pretest didapatkan < , atau 0,049 < 4,82. Sedangkan untuk hasil post test – post test ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil anava 1 jalur nilai hasil post test – post test didapatkan > , atau 9,925 < 4,82. Setelah diberi perlakuan dengan memanfaatkan media audio visual terdapat peningkatan lebih signifikan dibandingkan menggunakan metode ceramah dan teks cerita. Setelah diberi perlakuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen melebihi KKM (rata-rata 9,4). Hasil anava 1 jalur nilai pre-test dan post-test didapatkan > , atau 25,25 > 2,26 sehingga memberikan peningkatan hasil belajar setelah perlakuan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan memanfaatkan media audio visual mengalami peningkatkan yang signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan metode ceramah dan teks cerita pada materi mengidentifikasi unsur cerita rakyat pada kelas V SDN Lidah Wetan 2 Surabaya. Kata kunci: pemanfaatan, media audio visual Joko Samudra, mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi cerita rakyat Abstract: Ki hajar dewantara said that the purpose of education is educating children to be perfect, human life namely life and the life of humankind being in harmony with natural and the community. To achieve educational objectives on maximum teacher- compulsory use media in the process of conveying matter moreover, in material story for one purpose media including to visualize the story. This research using media audio visual story Joko Samudra on a lesson indonesian language competence identify folktale basic element. Media audio visual is the type of a medium that besides use the sound elements of also contain a picture can be seen. The aim of this research is to find out who benefit from the process of learning and who do not benefit from the media audio and visual and to know a significant influence the utilization of media audio visual story “Joko Samudra” against study result of the class v in SDN Lidah Wetan 2 Surabaya on subjects indonesian language competence identify folktale basic element that is broadcast. Design research used the three is design research modification true experimental control group pretest - post test, namely by respondent 2 class of his experiments ( 41 and 40 students ) dan1 class of control ( 40 students ). A class of his experiments with treatment using media audio visual and class of control by using the method of talk and the text of the story. Engineering analysis of data using analysis ANOVA against study result of the differences between the third class after given treatment. The results of the data analysis and testing showed that the results of the pretest - pretest no significant differences between the experimental class and the control class. ANOVA Results 1 pathway pretest-pretest values obtained F_count < F_table, or 0.049 < 4.82. As for the results of post-test - post-test no significant difference between the experimental class and the control class. ANOVA Results 1 track the value of the post-test - post-test obtained F_count > F_table, or 9.925 > 4.82. After treated by using audio-visual media are more significant improvement than the lecture method and text stories. Once treated student learning outcomes in the experimental class exceeds KKM (average 9.4). ANOVA Results 1 lane value pre-test and post-test is obtained F_count > F_table, or 25.25 > 2.26 thus provides improved learning outcomes after treatment. Conclusion This study shows that treatment with audio - visual media utilizing experienced a significant improvement compared to the use of lecture method and text stories on identifying elements of folklore materials in class V SDN Lidah Wetan 2 Surabaya. Keywords: utilization, audio-visual media Joko Samudra, Indonesian subjects, material folktale