PENGARUH PENGGUNAAN MODELCOOPERATIVE LEARNING NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V C SDN LIDAH WETAN II SURABAYA
Main Authors: | LAILATUL FITROTIN, NUR, , MUSTAJI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8129 |
Daftar Isi:
- SDN Lidah Wetan II Surabaya memiliki permasalahan dalam proses belajar mengajar. Terdapat beberapa masalah yang ada di SDN Lidah Wetan II Surabaya yaitu ada pada guru dan siswa. Masalah tersebut ditunjukkan bahwa pembelajaran masih dilakukan secara konvensional. Kesulitan yang dialami oleh siswa kelas V C dalam mempelajari IPA dapat menimbulkan hasil belajar siswa yang rendah karena belum mencapai standar ketuntasan yang telah ditentukan. Sebagian besar siswa tidak memperhatikan penjelasan dari guru. Mereka ada yang bermain sendiri, rame, gaduh, dan bercanda dengan teman sebangkunya. Dalam hal ini peneliti memberikan solusi dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together. Untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa SDN Lidah Wetan II Surabaya dalam kegiatan proses belajar mengajar dikelas, khususnya pada mata pelajaran IPA kompetensi dasar mendiskripsikan struktur bumi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar pada siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian menunjukkan setelah diberikan perlakuan dengan penerapan model Cooperative Learning Numbered Heads Together terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data observasi aktivitas guru dapat diketahui perolehan rhitung lebih besar dari pada rtabel dengan perbandingan angka 0,8095>0,316, dan data observasi aktivitas siswa dapat diketahui perolehan rhitung lebih besar dari pada rtabel dengan perbandingan angka 0,9545>0,316. Untuk data hasil tes, diketahui dengan taraf signifikan 5%, db = 40-1 = 39, sehingga diperoleh ttabel 1,685. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu dengan angka 12,406 > 1,685. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Numbered Heads Together baik diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Cooperative Learning NHT, Hasil Belajar, IPA. Abstract SDN Lidah Wetan II Surabaya has problems in the teaching and learning process. The problems come from the teachers and the students. The problems occur because the learning processes are still done conventionally. The difficulties in learning processes are still done conventionally. The difficulties in learning science will make 5th grade C students learning result become poor because it’s not attained the determined standard competitions. Some students do not pay attention the teacher explanation. They just play by themselves as long as they want to make a noise and make a joke with their friends. In this case, the scientist gives a solution by using Cooperative Learning Numbered Heads Model. To find out what the effect of science lessons for students of SDN Lidah Wetan II Surabaya development in teaching and learning process. The purpose of this research is to proof the effect of cooperative learning numbered heads together model for development students in science lesson. Data accumulating technique in this research is using observation and test. The data analysis result and experiment show that there is a increasing students development after using Cooperative Learning Numbered Heads Together Model. The Teacher activities observation data analysis result is rarithmetic bigger than rtable with comparison of numbers 0,8095 > 0,316, and the students activities observation data is rarithmetic bigger than rtable with comparison of number 0,9545> 0,316. For test data result is known with signify degree 5%, db = 40-1 = 39, means that ttable is 1,685. So tarithmetic bigger than ttable it is 12,406 > 1,685. The conclusion of this research shows that the effect of Cooperative Learning Numbered Heads Together Model is good to be used for supporting teaching and learning process. Keywords: Effects, NHT Cooperative Learning, Learning result, Science.