PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN TENTANG TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR KAMERA VIDEO PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK IPIEMS
Main Authors: | EKA FAUZI, YUNIAR, , RUSIJONO |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/8031 |
Daftar Isi:
- Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran akan membuat siswa merasa cepat bosan, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa juga tidak maksimal. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan media interaktif yaitu media komputer pembelajaran. Penggunaan media komputer pembelajaran dapat mengatasi rasa bosan sehingga membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar dan hasil yang didapatkan siswa juga ikut meningkat. Selain itu, Penggunaan media komputer pembelajaran dapat mengubah dari pembelajaran yang berorientasi pada guru menuju orientasi kepada siswa. SMK IPIEMS merupakan sekolah dengan jurusan multimedia, namun dalam hal penggunaan media pembelajaran kurang maksimal. Terutama dalam materi teknik pengambilan gambar yang masih menggunakan media power point dan metode ceramah, padahal materi tersebut membutuhkan penjelasan yang lebih kongkrit. Untuk mengatasi masalah tersebut pengembang berupaya mengembangkan media komputer pembelajaran tentang teknik pengambilan gambar sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Pengembangan media komputer pembelajaran mengacu pada model pengembangan Sugiyono dengan tahapan (1) mengumpulkan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) studi pendahuluan, (4) desain produk, (5) validasi desain, (6) revisi desain, (7) uji coba produk kelompok kecil, (8) revisi produk, (9) uji coba produk kelompok besar, (10) revisi produk. Untuk mengetahui kelayakan media dilakukan uji kelayakan pada dua orang ahli media, dua orang ahli materi, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil yang diperoleh dari ahli media I yaitu 95%, ahli media II yaitu 100%, ahli materi I yaitu 100%, ahli materi II yaitu 100%. Sedangkan pada uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 94,45% dan uji coba kelompok besar sebesar 92,26%. Dari data kelayakan yang diperoleh, dapat diinterpretasikan media layak untuk diterapkan. Selanjutnya, media di uji coba pada penerapan media dengan melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji coba penerapan media dilakukan terlebih dahulu dengan melakukan pre test dan uji –t. Hasil yang didapat pada pre test yaitu nilai kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sama. Selanjutnya, dilakukan post test dan uji –t pada kedua kelompok. Hasil yang didapat pada post test yaitu nilai kelompok eksperimen lebih baik dari pada nilai kelompok kontrol. Dengan melihat data yang diperoleh, dan perbedaan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa media komputer pembelajaran tentang teknik pengambilan gambar kamera video dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Pengembangan, Media Komputer Pembelajaran, Video