PENGEMBANGAN MEDIA CAI PUZZLE SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT PADA MATA PELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN JAJARTUNGGAL III/452 SURABAYA
Main Authors: | GHITA R, VANNY, HOTIMAH, KHUSNUL |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/7633 |
Daftar Isi:
- Media Computer Assisted Instruction (CAI) merupakan jenis media pembelajaran interaktif yang menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. CAI Puzzle merupakan bentuk permainan media edukatif. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh ketuntasan dan keberhasilan guru menyampaikan materi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ketuntasan belajar menjadi masalah yang dihadapi di SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. Sulitnya siswa dalam memahami materi dikarenakan pemakaian bahasa pada materi yang tinggi, sehingga hasil belajar siswa kurang dari batas ketuntasan belajar. Pengembang menciptakan media alternatif yang dapat mempermudah siswa memahami bahasa pemerintahan dan dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan pengembang untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media CAI puzzle sistem pemerintahan pusat mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall. Media CAI puzzle ini diujicobakan kepada siswa kelas IV SDN Jajartunggal III/452 Surabaya pada mata pelajaran PKn. Pengumpulan data yang dilakukan melalui instumen wawancara ahli materi dan ahli media, angket untuk siswa. Untuk hasil belajar siswa menggunakan evaluasi pre-test dan post-test. Jenis data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif, analisis data wawancara ahli materi dan ahli media menyimpulkan bahwa media yang dihasilkan adalah baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Analisis data angket siswa menggunakan skala presentase maka untuk uji coba perorangan 78,99%(baik), uji coba kelompok kecil 92,77%(sangat baik), uji coba kelompok besar 94,22%(sangat baik). Diperoleh hasil nilai pre-test dan post-test maka teknik analisis data dengan t hitung (6,02) > t tabel (1,684), dari hasil peningkatan tersebut dapat diinterpresentasikan bahwa media CAI puzzle sistem pemerintahan pusat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn di SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. Kata Kunci: pengembangan media CAI puzzle ABSTRACT Media Computer Assisted Instruction (CAI) is a type of media that is engaging and interactive learning can improve student motivation. CAI Puzzle is a form of educational media game. Student achievement is affected by the thoroughness and success of teachers delivering the material to achieve the goals pembelajaran. Mastery learning problem faced in SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. The difficulty students in understanding the material due to the use of language in a high material, student learning outcomes sake that is less than the limit of success learning. Developers creating alternative media which can make students understand the language of government and can improve learning results.The purpose of the developer to develop and produce media products CAI puzzle subjects central government system Civics fourth grade students of SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. Development models used are Borg and Gall. This puzzle CAI media tested to fourth grade students at SDN Jajartunggal III/452 Surabaya Civics subjects. Data collection instrument through expert interviews and expert media materials, questionnaires for students. For the evaluation of student learning outcomes using pre-test and post-test. The type of data obtained is in the form of qualitative and quantitative data, data analysis and expert interviews matter experts concluded that the media is good media generated and in accordance with the purpose of learning. Student questionnaire data analysis using the percentage scale for individual testing 78.99% (good), a small test group 92.77% (excellent), a large group of test 94.22% (excellent). The results obtained indicate the value of the pre-test and post-test data analysis techniques with the t (6,02)> t table (1,684), the results of the increase can diinterpresentasikan that puzzle CAI media center system of government can affect student learning outcomes at the fourth grade Civics subjects in SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. Keywords : Development of Computer Assisted Instruction Puzzle