Pemanfaatan Media Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Sidoarjo
Main Author: | SONIYA PUTRI, WYTA |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan
, 2011
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/1581 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memberikan beberapa alternatif pembelajaran dengan memanfaatkan media permainan Scrabble pada pembelajaran bahasa Inggris dengan pokok bahasan Teks Fungsional Pendek dan Teks Descriptive, beserta dampaknya terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa. Pola pemanfaatan yang dilakukan menggunakan pola pemanfaatan Arif Sadiman dengan tipe pola pemanfaatan dalam situasi kelas (classroom setting), dimana media pembelajaran dimanfaatkan untuk menunjang tercapainya tujuan tertentu.Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experimental Design dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan sebanyak dua kali dan dilakukan pada bulan Mei 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sidoarjo sebanyak 81 siswa. Teknik analisis data menggunakan presentase untuk data observasi dan t-test untuk data tes.Dari hasil analisis data dalam uji-t pada eksperimen I untuk taraf signifikansi 5% (t hitung = 3,21 > t tabel = 2,39) dan taraf signifikansi 1% (t hitung = 3,21 > t tabel = 1,67), sedangkan dari hasil analisis data dalam uji t pada eksperimen II untuk taraf signifikansi 5% (t hitung = 3,52 > t tabel =2,39) dan taraf signifikansi 1% (t hitung =3,52 > t tabel =1,67). Sehingga ini berarti terdapat pengaruh signifikan antara pemanfaatan media permainan Scrabble terhadap tingkat penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sidoarjo.Kata Kunci: media permainan, scrabble, kosakata