KEPUASAN SISWA DITINJAU DARI SARANA PRASARANA, LAYANAN ADMINISTRASI DAN KOMPETENSI GURU

Main Author: Diah Putri, Pancasani
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://repository.uniba.ac.id/142/1/Diah%20Putri%20Pancasani.pdf
http://repository.uniba.ac.id/142/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah sarana prasarana, Layanan administrasi dan kompetensi guru berpengaruh terhadap kepuasan siswa SMP Batik Program Khusus Surakarta secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu sarana prasarana, Layanan administrasi dan kompetensi guru. Variabel dependen adalah kepuasan siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Batik Program Khusus Surakarta dengan teknik sampling Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner tertutup yang disebarkan langsung kepada siswa dengan 16 pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu Metode Analisis Deskriptif, Uji Validitas dan Reliabilitas, Metode Analisis Statistik yang menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, dengan pengujian hipotesis Uji FF, Uji t dan Uji Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana prasarana, layanan administrasi dan kompetensi guru berpengaruh terhadap kepuasan siswa secara simultan. Secara parsial, layanan administrasi dan kompetensi guru berpengaruh terhadap kepuasan siswa, sedangkann sarana prasarana tidak berpengaruh. Hal ini menunjukkan bahwa sarana prasarana di SMP Batik Program Khusus Surakarta masih kurang baik sehingga perlu untuk ditingkatkan. Hasil Uji Determinasi menunjukkan Koefisien Determinasi yang diperoleh sebesar 0,733 yang berarti variabel kepuasan siswa yang dapat dijelaskan variabel sarana prasarana, layanan administrasi dan kompetensi guru sebesar773,3%ssedangkan sisanya sebesar 26,7% dijelaskan oleh variabel lain