KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN, KESADARAN PERPAJAKAN, DAN MOTIVASI MEMBAYAR PAJAK (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten
Main Author: | Agnes Dara, Ardisari |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uniba.ac.id/114/1/PROPOSAL%20TESIS.pdf http://repository.uniba.ac.id/114/ |
Daftar Isi:
- Penyelenggaraan pembangunan membutuhkan pembiayaan yang terus menerus. Sumber utama penerimaan negara dari dalam negeri yang terbesar berasal dari sektor pajak. Maka dibutuhkan upaya-upaya untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak dan melaporkan kewajibannya dengan benar, demi kelancaran pembangunan nasional. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Klaten, (2) Untuk mengetahui pengaruh kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Klaten, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi membayar pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Klaten. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi adalah wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten.Peneliti mengambil 100 wajib pajak sebagai sampel. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Klaten, (2) kesadaran perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Klaten, dan (3) motivasi membayar pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Klaten.