PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD/MI

Main Author: Kuswari, Deffia Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/9492/1/BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/9492/2/BAB%20V.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/9492/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan LKS berbasis contextual teaching and learning materi manusia dan lingkungan kelas V yang valid, (2) menghasilkan LKS berbasis contextual teaching and learning materi manusia dan lingkungan kelas V yang praktis. Metode yang digunakan ialah metode pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas dan kepraktisan data menggunakan rumus yang telah ditentukan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 08 Baturaja dengan jumlah 10 peserta didik. Hasil penelitian tersebut menunjukan sebagai berikut : (1) produk berbasis contextual teaching and learning valid dilihat dari angket kevalidan ahli desain dengan skor 42 dengan rata-rata hasil sebesar 88,66, validasi ahli bahasa dengan skor sebesar 49 dengan rata-rata hasil sebesar 90,00, dan validasi ahli materi dengan skor sebesar 74 dengan rata-rata hasil sebesar 93,00. (2) produk berbasis contextual teaching and learning yang praktis dilihat dari skor sebesar 962,65 dengan skor rata-rata 96,26. Kata Kunci : lembar kerja siswa, contextual teaching and learning, manusia dan lingkungan