PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD SUMSEL JAYA
Main Author: | Azhari, Merrin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/9479/3/bab%201%20merrin.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/9479/2/bab%205%20merrin.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/9479/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam melalui metode Cooperative Script. 1. Bagaimana hasil belajar siswa kelas V sebelum menggunakan Metode Cooperative Script pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Sumsel Jaya?. 2. Bagaimana hasil belajar siswa kelas V sesudah menggunakan Metode Cooperative Script pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Sumsel Jaya? 3. Apakah terdapat pengaruh Metode Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Sumsel Jaya?. Metodologi pengumpulan data yaitu Intact-Group Comprasion, pada desain ini terdapat satu kelompok yang digunkana untuk peneliti, tetapi dibagi dua, yaitu setengah kelompok untuk eksperimen dan setengah untuk kelompok kontrol. Adapun populasi adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa, sampel yang digunakan kelas V berjumlah 15 siswa. Alat pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan Software SPSS 20 For Windows dan rumus TSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean pret-test dan post-test. Hasil belajar kategori tinggi sebelum menggunakan metode Cooperative Script yaitu 20%, dengan nilai 59, kategori sedang 66,67%, dengan nilai 35-59, dan rendah 13,33%, dengan nilai 35. Hasil belajar siswa kategori tinggi sesudah menggunakan metode Cooperative Script yaitu 20% dengan nilai 84, kategori sedang 73,34%, dengan nilai 63-84, dan rendah 6,66% dengan nilai 63. Diketahui bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, karena sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H o ditolak dan H a diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD Sumsel Jaya Palembang. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Cooperative Script