PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs NURUL FALAH PALEMBANG
Main Author: | JUMIATI, JUMIATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/9409/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/9409/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapanmetode problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikelas VIII MTs Nurul Falah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exprimental design dengan desainposttest only control group design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTs Nurul Falah Palembang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 147 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII.2 dengan jumlah 37 siswa sebagai kontrol dan kelas VIII.1 berjumlah 37 siswa sebagai kelas ekprimen. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan pertemuan kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan metode problem solvingdan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan observasi kepada siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t’ . Dari hasil analisis diperoleh , t୦୧୲୳୬ ′ = 2,246 dan dengan α = 0,05 diperolehttabel = 1,66629 yang berartit୦୧୲୳୬ ′ > ttabel yaitu 2,246 > 1,66629. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif penggunaan metode problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.