PENGARUH HARGA, DESAIN PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Main Author: SARI, TRI NOVITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/9359/1/TRI%20NOVITA%20SARI%20%2814190336%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/9359/
Daftar Isi:
  • Konsumen dalam melakukan pembelian pada suatu produk baik berupa barang maupun jasa sangat mempertimbangkan berbagai faktor mendasar untuk memenuhi kebutuhan. Keputusan pembelian suatu produk oleh konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantarnya harga, desain produk dan citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, desain produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone merek OPPO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan accidental dalam penyebaran kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi linear berganda, dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, desain produk dan citra merek mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek OPPO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Diperoleh persamaan Y = 5,890 - 0,430X1 + 0,263X2 + 0,758X3. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya harga berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya desain produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan uji statistik bahwa variabel harga, desain produk dan citra merek secara bersama-sama (simultan-uji F) memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek OPPO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,720. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 72% keputusan pembelian smartphone merek OPPO dipengaruhi oleh variasi dari ketiga variabel independen, yaitu harga, desain produk dan citra merek. Sedangkan sisanya sebesar 28% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti.