PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KOTA PALEMBANG
Main Author: | INDAH, SARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/9307/1/INDAH%20SARI%2014270051.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/9307/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang” Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana keterampilan berbicara siswa di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran time token? 2). Bagaimana keterampilan berbicara siswa di kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran time token? 3). Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang? Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas IV yang berjumlah 31 siswa dengan melihat hasil sebelum dan sesudah. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, dokumentasi Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, yaitu 2 kali treatmen (pemberian perlakuan) dan 1 kali posttest (setelah diberi perlakuan). Keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota palembang saat treatmen memiliki rata-rata nilai 74. Kemudian diadakan posttest setelah diberikan perlakuan sebanyak 1 kali pertemuan (treatment) dengan rata-rata nilai posttest 84. Tes diberikan pada saat posttest dengan 20 soal pilihan ganda. Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Time Token terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan merujuk pada uji “t” di dapatkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 4,045) dan besarnya t yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts 5% = 2,00 dan tt.ts 1% = 2,66) maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari pada tt yaitu 2,00 < 4,045 > 2,66. Dengan demikian Hipotesis Nihil (Ho) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaan time token terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang tidak diterima / ditolak. Dan Hipotesis Alternatifnya (Ha) diterima.