DESAIN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) DENGAN KONTEKS CERITA RAKYAT LEGENDA PULAU KEMARO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DI SMP IT BINA ILMI PALEMBANG

Main Author: Sary, Rhona Febriany
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/9264/1/Rhona%20F.S-12221084.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/9264/
Daftar Isi:
  • Hypothetical Learning Trajectory (HLT) memiliki peran dalam membantu mengonstruksi ide matematika siswa dengan mengintegrasikan tujuan kegiatan pembelajaran dengan lintasan pembelajaran dan berpikir siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan HLT dengan konteks Legenda Pulau Kemaro pada pembelajaran matematika materi perbandingan senilai berdasarkan pendekatan PMRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research. 17 siswa dan guru mata pelajaran matematika kelas VII SMP IT Bina Ilmi Palembang dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini berupa desain HLT yang dapat membantu siswa dalam mempelajari materi perbandingan senilai. HLT tersebut terdiri dari tiga aktivitas yang menggunakan cerita rakyat Legenda Pulau Kemaro sebagai langkah awal dalam mengidentifikasi ciri-ciri perbandingan senilai. Pola yang ditemukan siswa dimanfaatkan dalam menemukan berbagai strategi penyelesaian masalah perbandingan senilai.