PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NURUL MA’ARIF MUARA TELANG

Main Author: SOFIANA NUR, HASANAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/9222/1/Sofiana%20Nur%20Hasanah%20%2813210260%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/9222/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap Aktivitas Belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Ma’Arif Muara Telang.Perumusan masalah dari skripsi ini adalah Bagaimana Aktivitas Belajar Siswa sebelum diterapkanya Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Ma’Arif Muara Telang? Bagaimana Aktivitas Belajar Siswa sesudah diterapkannya Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Siswa Kelas XI di Madrasah Ahliyah Nurul Ma’Arif Muara Telang? Bagaimana pengaruh penerapan Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Ma’Arif Muara Telang? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Aktivitas Belajar Siswa sebelum diterapkanya Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Ma’Arif Muara Telang. Untuk mengetahui bagaimana Aktivitas Belajar Siswa sesudah diterapkannya Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak terhadap Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Ma’Arif Muara Telang. Untuk mengetahui penerapan Metode STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 24 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi.Dengan teknik analisis datanya menggunakan uji-t. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh penulis dari perhitungan (thitung observasi = 5,95 ) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t = 1,714 maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar dari pada ttabel yaitu: 5,95 > 1,714. Dari perhitungan di atas didapat thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% (2,07) maupun pada taraf signifikansi 1% (2,81). Sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh penerapan Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap Aktivitas Belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Ma’Arif Muara Telang” diterima sedangkan H0 hipotesis nihil ditolak, yang berbunyi tidak ada pengaruh penerapan Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap Aktivitas Belajar siswa kelas XI di Mdrasah Aliyah Nurul Ma’Arif Muara Telang”.