PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALEMBANG

Main Author: NUR, HAZIJAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/9037/2/LENGKAPPP%20BURNING%20ok.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/9037/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan software Geogebra sebagai media pembelajaran pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 4 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2016 - 2017. Penelitian ini mengambil dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dimana rata-rata kemampuan pemahaman matematikanya tidak ada perbedaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa setelah diterapkan software Geogebra. Teknik analisis data data yang digunakan adalah uji t (uji pihak kanan). Berdasarkan hasil analisis data rata-rata hasil post-test kelas kontrol 61,44 dan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 80,89. Sehingga diperoleh thitung adalah 3,93 dan ttabel adalah 1,674 dengan dk = 54 dan taraf signifikan α = 5% yang bearti thitung > ttaabel ( 3,93 > 1,674). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan software Geogebra sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 4 Palembang.