PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 SANGA DESA KELAS VIII

Main Author: AAN, GUSTIAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/8995/1/SKRIPSI%20AAN%20GUSTIAWAN%20%2812221001%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/8995/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif pair check terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Sanga Desa Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Sampel penelitian sebanyak 56 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yaitu memilih dua kelas secara acak dari 3 kelas. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 28 siswa yaitu pada kelas VIII-3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pair check. Sampel pada kelas kontrol berjumlah 28 siswa yaitu pada kelas VIII-1 dengan menggunakan metode ceramah. Berdasarkan analisis dengan uji t, diperoleh nilai yaitu sebesar 2,5525 lebih besar dibandingkan dengan nilai dengan derajat kebebasan (dk) = 54 dan taraf signifikan ( ) = 0,05 yaitu sebesar 1,674 (2,5525 > 1,674), yang artinya pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pair check lebih tinggi dibandingkan dengan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif pair check terhadap pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeti 1 Sanga Desa.