PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG

Main Author: INDAH AYU, MAWARNI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/8985/1/Skripsi%20Indah.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/8985/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Discovery terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII Mts Patra Mandiri Palembang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain true-experimen design. Kemudian bentuk true-experimen design yang diambil dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Jumlah seluruh kelas VIII yaitu 4 kelas,yang terdiri dari kelas VII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Populasi yang digunakan adalah dua kelas yang diambil sebagai sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VIII A dan kelas VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,31 dan ttabel = 1,671 dengan taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima, artinya ada pengaruh strategi pembelajaran Discovery terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII MTs Patra Mandiri Palembang.