PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MEMILIH AKAD MURABAHAH DI BNI SYARIAH KANTOR CABANG PALEMBANG

Main Author: PUTRI, KESUMAWARDANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/8934/1/PUTRI%20KESUMAWARDANI%20%281656100092%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/8934/
Daftar Isi:
  • Faktor penentu kepuasan nasabah diantaranya adalah kualitas pelayanan dan kualitas produk. Semakin nasabah merasa puas maka nasabah akan senang namun bila nasabah tidak puas maka nasabah akan kecewa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah dalam memilih akad murabahah. Penelitian ini dilakukan di Bank BNI Syariah KC Palembang yang berjumlah 99 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk menjawab rumusan masalah maka menggunakan analisis linier berganda yang terdiri dari uji koefisien determinasi, uji F dan uji T. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, sedangkan untuk pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam memilih akad murabahah di BNI Syariah KC Palembang dibuktikan dengan uji F,dan dari kedua variabel tersebut Kualitas Pelayanan (X1) dan Kualitas Produk (X2) semuanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah(Y) dalam memilih akad murabahah di BNI Syariah KC Palembang dibuktikan dengan uji t.