Analisis Opini Publik Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palembang dalam Rubrik “Lapor Mang Sripo” pada Surat Kabar Sriwijaya Post

Main Author: Irawan, Purnama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/869/1/PURNAMA%20IRAWAN%2012530064%20JURNALISTIK.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/869/
http://perpus.radenfatah.ac.id
ctrlnum 869
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.radenfatah.ac.id/869/</relation><title>Analisis Opini Publik Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palembang dalam Rubrik &#x201C;Lapor Mang Sripo&#x201D; pada Surat Kabar Sriwijaya Post</title><creator>Irawan, Purnama</creator><description>Masyarakat, media dan pemerintah memang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dimana masyarakat sebagai pelanggan dan pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik serta media sebagai perantara komunikasi di antara keduanya. Karena masyarakat tidak dapat mengeluarkan aspirasi atau pendapatnya secara langsung kepada pemerintah, maka media memberikan halaman khusus surat pembaca dan surat kabar Sriwijaya Post adalah salah satu media cetak yang menyediakan halaman khusus yang menerbitkan opini-opini masyarakat tentang kualitas pelayanan publik yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Palembang khususnya. Opini tersebut berupa pesan-pesan singkat seperti SMS (Send Messege Services) pada halaman kedua dalam rubrik &#x201C;Lapor Mang Sripo&#x201D;. Opini yang muncul merupakan masalah-masalah pelayanan yang dirasakan masyarakat yang dapat dinilai melalui bagaimana kecenderungan opini publik terhadap pemerintah kota Palembang tentang kualitas pelayanan publik yang menjadi rumusan masalah penelitian ini.&#xD; Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi kualitatif dengan menganalisis isi teks menggunakan pendekatan deskriptif berdasarkan kategorisasi karakteristik opini publik yaitu isi opini, arah opini, konflik atau kontroversi, itensitas opini, volume opini, persistensi, dan kekhasan. Serta kategorisasi pelayanan publik berdasarkan kelompok pelayanan publik. Dalam penelitian ini terdapat 16 judul SMS yang di teliti. Dari ke-16 SMS yang diteliti ditemukan bahwa kecenderungan opini dalam rubrik &#x201C;Lapor Mang Sripo&#x201D; pada surat kabar Sriwijaya Post cenderung mengandung isi kritik dan harapan, mengandung arah kontra terhadap pelayanan pemerintah kota Palembang, banyak mengandung konflik dan kontroversi, mengandung volume opini permasalahan yang sangat penting, mengandung itensitas opini pernyataan dan perintah, mengandung persistensi yang berlatar di seluruh wilayah kota Palembang, kekhasan isu yakni pembahasan fasilitas umum dan jasa umum dan kelompok pelayanan publik cenderung kepada pembahasan masalah pelayanan jasa dan pelayanan barang. Dimana kesemua kategorisasi tersebut cenderung kesisi negatif dan dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan Pemerintah Kota Palembang belum maksimal.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.radenfatah.ac.id/869/1/PURNAMA%20IRAWAN%2012530064%20JURNALISTIK.pdf</identifier><identifier> Irawan, Purnama (2017) Analisis Opini Publik Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palembang dalam Rubrik &#x201C;Lapor Mang Sripo&#x201D; pada Surat Kabar Sriwijaya Post. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG. </identifier><relation>http://perpus.radenfatah.ac.id</relation><recordID>869</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irawan, Purnama
title Analisis Opini Publik Tentang Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palembang dalam Rubrik “Lapor Mang Sripo” pada Surat Kabar Sriwijaya Post
publishDate 2017
isbn 9782012530065
url http://repository.radenfatah.ac.id/869/1/PURNAMA%20IRAWAN%2012530064%20JURNALISTIK.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/869/
http://perpus.radenfatah.ac.id
contents Masyarakat, media dan pemerintah memang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dimana masyarakat sebagai pelanggan dan pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik serta media sebagai perantara komunikasi di antara keduanya. Karena masyarakat tidak dapat mengeluarkan aspirasi atau pendapatnya secara langsung kepada pemerintah, maka media memberikan halaman khusus surat pembaca dan surat kabar Sriwijaya Post adalah salah satu media cetak yang menyediakan halaman khusus yang menerbitkan opini-opini masyarakat tentang kualitas pelayanan publik yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Palembang khususnya. Opini tersebut berupa pesan-pesan singkat seperti SMS (Send Messege Services) pada halaman kedua dalam rubrik “Lapor Mang Sripo”. Opini yang muncul merupakan masalah-masalah pelayanan yang dirasakan masyarakat yang dapat dinilai melalui bagaimana kecenderungan opini publik terhadap pemerintah kota Palembang tentang kualitas pelayanan publik yang menjadi rumusan masalah penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi kualitatif dengan menganalisis isi teks menggunakan pendekatan deskriptif berdasarkan kategorisasi karakteristik opini publik yaitu isi opini, arah opini, konflik atau kontroversi, itensitas opini, volume opini, persistensi, dan kekhasan. Serta kategorisasi pelayanan publik berdasarkan kelompok pelayanan publik. Dalam penelitian ini terdapat 16 judul SMS yang di teliti. Dari ke-16 SMS yang diteliti ditemukan bahwa kecenderungan opini dalam rubrik “Lapor Mang Sripo” pada surat kabar Sriwijaya Post cenderung mengandung isi kritik dan harapan, mengandung arah kontra terhadap pelayanan pemerintah kota Palembang, banyak mengandung konflik dan kontroversi, mengandung volume opini permasalahan yang sangat penting, mengandung itensitas opini pernyataan dan perintah, mengandung persistensi yang berlatar di seluruh wilayah kota Palembang, kekhasan isu yakni pembahasan fasilitas umum dan jasa umum dan kelompok pelayanan publik cenderung kepada pembahasan masalah pelayanan jasa dan pelayanan barang. Dimana kesemua kategorisasi tersebut cenderung kesisi negatif dan dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan Pemerintah Kota Palembang belum maksimal.
id IOS17015.869
institution UIN Raden Fatah Palembang
affiliation fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 149
institution_type library:university
library
library Repositori UIN Raden Fatah Palembang
library_id 5357
collection Repositori UIN Raden Fatah Palembang
repository_id 17015
subject_area Islam/Agama Islam
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Psychology/Psikologi, Ilmu Jiwa
Islam and Economics/Islam dan Ilmu Ekonomi
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS17015
first_indexed 2022-06-15T01:18:33Z
last_indexed 2022-06-15T01:18:33Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1764594657181827072
score 17.538404