PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ELECTRONIC CHANNEL (E-CHANNEL) TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI BRI SYARIAH KCP PALEMBANG SUDIRMAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan E-Channel terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilaksanakan di BRI Syariah KCP Palembang Sudirman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner dengan pengukuran skala likert. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah BRI Syariah KCP Palembang Sudirman yang berjumlah 160 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan Incidental sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis data yang digunaakan adalah regresi linear berganda dengan metode Path Analysis dan Sobel Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan internet banking berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas nasabah; (2) Kualitas pelayanan mobile banking berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas nasabah; (3) Kualitas pelayanan internet banking berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah; (4) Kualitas pelayanan mobile banking berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan nasabah; (5) kepuasan nasabah berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas nasabah; (6) kepuasan nasabah memediasi kualitas pelayanan internet banking terhadap loyalitas nasabah; (7) kepuasan nasabah memediasi kualitas pelayanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah. Kata kunci : kualitas pelayanan internet banking, kualitas pelayanan mobile banking, Loyalitas nasabah, dan Kepuasan nasabah.