PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN KUALITAS PELAYANAN PENGELOLA ZAKAT TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI PADA BAZNAS PROVINSI SUMATERA SELATAN
Daftar Isi:
- Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang terdiri dari syahadat, salat, zakat, puasa, dan haji bagi yang mampu. Zakat dapat dijadikan bukti nyata kepedulian umat Islam terhadap golongan miskin dan tidak mampu. Dalam memudahkan pembayaran dan penyaluran dana zakat pemerintah membentuk Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang terdiri dari atas Lembaga Amil Zakat dan Badan Amil Zakat Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah akuntabilitas, transparansi dan kualitas pelayanan pengelola zakat secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas muzakki pada BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Jumlah sampel yang datanya berhasil diolah yaitu sebanyak 55 orang. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu metode nonprobabilitas yaitu convenience sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel berdasarkan kemudahan mengakses anggota populasi. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Akuntabilitas pengelola zakat tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas muzakki pada BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan. Variabel Transparansi pengelola zakat tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas muzakki pada BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzakki pada BAZNAS Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019. Kata Kunci : Akuntabilitas, Transparansi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Muzakki, BAZNAS.