Daftar Isi:
  • Produk gadai emas syariah menjadi salah satu produk yang diutamakan pada perbankan syariah, karena produk ini sangat diminati masyarakat, maka produk gadai emas ini berpengaruh pada peningkatan profitabilitas sebuah bank syariah.Namun peningkatan profitabilitas sebuah bank syariah yang disumbangkan oleh produk gadai emas syariah sangat bergantung kepada fluktuasi harga emas.Karena harga emas menjadi faktor utama dalam penaksiran barang gadai untuk mendapatkan pembiayaan. Fluktuasi harga emas dipengaruhi inflasi, kondisi finansial masyarakat suatu Negara, perkembangan geopolitik, tindakan para spekulan, keadaan pasar modal, harga komuditas cadangan devisa emas, serta permintaan emas dunia. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan penulis pada Produk Gadai Emas di Bank BRI Syari‟ah KCP Kenten bahwa terdapat pengaruh antara fluktuasi harga dan biaya promosi produk gadai emas terhadap profitabilitas Bank BRI Syari‟ah KCP Kenten. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Fluktuasi harga dan biaya promosi produk gadai emas terhadap profitabilitas Bank BRI Syari‟ah KCP Kenten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan objek penelitiannya adalah Bank BRI Syari‟ah KCP Kenten. Jumlah data yang digunakan sebanyak 36 data dengan menggunakan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fluktuasi harga dan biaya promosi produk gadai emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas Bank BRI Syari‟ah KCP Kenten. Kata Kunci : Fluktuasi Harga, Biaya Promosi dan Profitabilitas