PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG. [SKRIPSI]

Main Author: DINA, ANGRIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/853/1/DINA%20ANGRIANA%20%2812221016%29.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/853/
http://perpus.radenfatah.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem posing kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 46 Palembang. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah True-Experimental dengan desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII tahun 2016-2017. Populasi penelitian ini terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 351 orang dan dipilih 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu, siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 37 orang dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 37 orang . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen sebesar 72,43 sedangkan rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol sebesar 61,97. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Problem Posing lebih besar daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Analisis data menggunakan uji t dan taraf signifikan = 0,05. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung= 3,2907dan ttabel = 1,993. Dengan membandingkan thitung > ttabel yaitu 3,2907 > 1,993 Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 46 Palembang dapat diterima