PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI MEREK PEPSODENT DI KOTA PALEMBANG

Main Author: Fachtul Muzainy, Alief
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/8375/1/cover%20%2B.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/8375/2/bab%201.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/8375/3/bab%205.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/8375/
Daftar Isi:
  • Dalam penetapan harga perusahaan harus menyesuaikan dengan kualitas produk tersebut. Dan salah satu cara untuk memberikan identitas dari produk tersebut adalah dengan cara mengiklankan produk sebaik mungkin serta memberikan slogan agar bisa dengan mudah dikenali oleh masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dimana sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang didapatkan secara langsung dari jawaban responden melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan peneliti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk, dan iklan terhadap keputusan pembelian pasta gigi merek Pepsodent di kota Palembang dan bagaimana pengaruh secara bersama-sama variabel harga (X1), kualitas produk (X2), dan iklan (X3) terhadap variabel (Y) keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen muslim pasta gigi merek Pepsodent di kota Palembang dan sampel yang digunakan sebanyak 104 responden. Sedangkan teknik pengumpulan sampel menggunakan Metode Accidental Sampling adalah teknik penentuan sampel secara kebetulan yang ditemui oleh peneliti. Didapat hasil dari penelitian ini variabel harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan hal ini dilihat dari nilai thitung 2,131 > ttabel 1,984. Sedangkan perbandingan nilai signifikansi yang di dapat 0,036 < 0,05. Variabel kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini dilihat dari nilai thitung 2,442  ttabel 1,984 . Sedangkan perbandingan nilai signifikansi yang di dapat 0,016 < 0,05. Dan variabel iklan memiliki pengaruh positif dan signifikan hal ini dilihat dari nilai thitung 2,472 > ttabel 1,984 sedangkan perbandingan nilai signifikansi yang di dapat 0,015 < 0,05. Kemudian dari hasil uji F di dapatkan Fhitung sebesar 101,527 > Ftabel 2,69 dengan signifikansi 0,000 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan iklan secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Iklan, dan Keputusan Pembelian