SISTEM PENDIDIKAN DI PESANTREN DALAM PERSPEKTIF NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan)
Main Author: | risusanto, risusanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/8327/1/bab%201%20%2B%20cover.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/8327/2/bab%205.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/8327/ |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan sebuah negara yang masyarakatnya majemuk yang terdiri atas berbagai suku, ras, adat istiadat, golongan, kelompok dan agama, serta strata sosial.1 Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat dengan tingkat keanekaragaman yang sangat kompleks, masyarakat dengan keanekaragaman tersebut dikenal dengan istilah masyarakat multikultural.2 Dengan keanekaragaman yang sangat kompleks tersebut, maka tidaklah berlebihan jika Indonesia disebut sebagai salah satu negara multikultural terbesar di dunia.3 Misalnya Indonesia disebut sebagai Negara yang multireligius, karena penduduknya menganut beragam Agama, yakni Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha dan Konghuchu, serta berbagai macam aliran kepercayaan.4 Keberagaman masyarakat Indonesia demikian merupakan konsekuensi logis dari hukum alam (natural law, sunnatullah), sesuatu yang alamiah. Dan bisa terjadi di negara lain.