ANALISIS PENGARUH KENYAMANAN, KEPERCAYAAN SERTA FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA BRIS KC A RIVAI PALEMBANG

Main Author: REGITA, AYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/7883/1/skripsi%20BAB%20I.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7883/2/skripsi%20BAB%20II.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7883/3/skripsi%20BAB%20III.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7883/4/skripsi%20BAB%20IV.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7883/
Daftar Isi:
  • BRI Syariah merupakan bank yang berkembang pesat dalam menjaring nasabah untuk menggunakan layanan internet banking. Terbukti dalam 2 tahun terakhir jumlah pengguna internet banking BRIS mengalami kenaikan sebesar 63% dari yang semula berjumlah 15.984 pada tahun 2017 menjadi 26.016 pada tahun 2018. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat semakin mementingkan kepraktisan dalam bertransaksi perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kenyamanan, kepercayaan, serta fitur layanan terhadap keputusan menggunakan internet banking pada BRIS KC A.Rivai Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BRI Syariah KC A.Rivai Palembang yang menggunakan internet banking. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan total sampel 84 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan fitur layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan internet banking, dan kenyamanan secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan internet banking. Sedangkan secara simultan kenyamanan, kepercayaan serta fitur layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan internet banking. Nilai koefisien determinan R Square menunjukkan nilai sebesar 0,354 atau 35,4%. Nilai tersebut menunjukkan keputusan menggunakan internet banking dapat dijelaskan oleh variabel kenyamanan, kepercayaan, serta fitur layanan sebesar 35,4% sedangkan sisanya sebesar 64,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.. jika nilai R Square memiliki nilai > 0,5s/d 1, maka artinya memiliki pengaruh yang kuat.