PENERAPAN PENGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS MATERI MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MA AL-FATAH PALEMBANG (Skripsi)
Main Author: | Zevtiawan, Rikki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/713/1/BAB%20I.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/713/2/BAB%20II.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/713/3/BAB%20III.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/713/4/Bab%20IV.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/713/5/BAB%20V.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/713/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses pendidikan, metode mempunyai kedudukan yang sangat signifikan untuk mencapai tujuan, bahkan metode sebagai seni dalam mentransfer ilmu pengetahuan atau materi pelajaran kepada peserta didik yang dianggap lebih signifikan dibandingkan dengan materi itu sendiri. Metode jauh lebih penting dibandingkan dengan materi dalam pemilihan dan pengunaan sebuah metode harus disampaikan. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik untuk mengdakan penelitian di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang dengan judul “Penerapan Penggunaan Metode Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadis Materi Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MA Al-Fatah Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian adalah “bagaimana penerapan metode Snowball Throwing pada mata pelajaran qur’an hadis materi menjaga kelestarian lingkungan hidup di kelas XI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MA Al-Fatah Palembang”, “bagaimana hasil belajar siswa yang mengunakan metode Snowball Throwing dengan tidak mengunakan metode Snowball Throwing pada mata pelajaran qur’an hadis materi menjaga kelestarian lingkungan hidup di MA Al-Fatah Palembang”. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran qur’an hadis materi menjaga kelestarian lingkungan hidup di kelas XI di MA Al-Fatah Palembang. Dalam mengambil objek penelitian, penulis mengambil pengambilan sampel tersebut dilakukan secara random, dari pengambilan acak tersebut diperoleh dua kelas dari 3 kelas yang ada yaitu kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mendapatkan data tersebut, penulis mengunakan pre test dan post test yang diberikan kepada siswa. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah mengunakan rumus (Mann-Whitney). Dari hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa metode hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terlihat bahwa pada kolom Asymp. Sig. (2-tailed) atau asymptotic significance untuk uji dua sisi adalah 0,021. Probabilitas lebih kecil dari 0,05 (0,021 < 0,05), dengan demikian H0 ditolak. Jadi, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan, hasil post-test belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terlihat bahwa pada kolom Asymp. Sig. (2-tailed) atau asymptotic significance untuk uji dua sisi adalah 0,000. Probabilitas di bawah 0,05 (0,000 < 0,05), dengan demikian H0 ditolak. Jadi, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara post-test hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode Snowball Throwing benar-benar berbeda dengan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan metode Snowball Throwing.