PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMP DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU DI KOTA PALEMBANG

Main Author: SARI, YUNI NOPITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.radenfatah.ac.id/7107/1/BAB%20I%20Yuni.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7107/2/BAB%20V%20Yuni.pdf
http://repository.radenfatah.ac.id/7107/
Daftar Isi:
  • Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP terhadap kompetensi Pedagogik Guru Di Kota Palembang. Dilatarbelakangi dengan kegiatan belajar mengajar tidak sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran yang sudah disusun dalam silabus, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar masih terpusat pada guru dan belum terpusat pada siswa, guru masih aktif dalam menyampaikan materi, model pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi, soal ulangan harian tidak dirumuskan sendiri oleh guru dengan menggunakan kisi-kisi soal tetapi langsung merujuk atau mengutip dari buku paket Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di sekretariat MGMP PAI SMP Kota Palembang. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Tehnik analisa yang digunakan adalah teknik analisis interaktif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Kota Palembang terhadap kompetensi pedagogik guru yaitu: Dalam perencanaan pembelajaran berperan: sebagai mediator sharing, mediator diskusi, mediator peningkatan kompetensi guru yaitu sebagai alat untuk berbagi pengetahuan, berdiskusi dan meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, diklat dan workshop dan lain-lain. Selain itu berperan sebagai fasilitator memberikan pelayanan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran berperan: sebagai evaluator dalam pelaksanaan pembelajaran memberikan penilaian pada pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan dalam evaluasi hasil belajar berperan sebagai (a) mediator atau alat atau media untuk menciptakan guru yang berkompetensi dalam mengembangkan penilaian dalam pembelajaran.