PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK MANUSIA DAN LINGKUNGAN BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN KELAS V
Main Author: | SAFITRI, EDIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.radenfatah.ac.id/7072/1/BAB%20I%20.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/7072/2/BAB%20V%20.pdf http://repository.radenfatah.ac.id/7072/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan bahan ajar tematik manusia dan lingkungan berbasis nilai-nilai keislaman dilakukan karena belum tersedianya bahan ajar berbasis nilai-nilai keislaman. Oleh karena itu, perlu adanya bahan ajar tematik yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) mengetahui desain pengembangan bahan ajar tematik manusia dan lingkungan berbasis nilai-nilai keislaman kelas V yang valid. (2) Mengetahui desain pengembangan bahan ajar tematik manusia dan lingkungan berbasis nilai-nilai keislaman kelas V yang praktis. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah angket validasi, angket responden untuk peserta didik, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini ialah (1) desain pengembangan bahan ajar tematik manusia dan lingkungan berbasis nilai-nilai keislaman kelas V telah valid yang mana bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 4,3 dan ahli desain dengan nilai 3,4 serta ahli bahasa dengan nilai 4,2. (2) desain pengembangan bahan ajar tematik manusia dan lingkungan berbasis nilai-nilai keislaman keislaman kelas V telah praktis, karena bahan ajar yang dikembangkan telah melalui uji coba tahap satu-satu dan uji coba tahap skala kecil yang mana siswa telah memberikan nilai terhadap bahan ajar yang dikembangkan.